III. SKALA KEPENTINGAN DALAM PENDUGAAN DAMPAK LINGKUNGAN

Jumat, 04 Juni 2010
Hasil-hasil dari program pembangunan wilayah yang luas (stasiun pembangkit, bendungan, jalan raya, dsb.) harus dievaluasi pada tiga skala waktu :

a). Selama Masa Konstruksi, lingkungan terganggu oleh per alatan berat pembongkar tanah, kemah-kemah dan jalan-jalan sementara untuk kerja proyek. Bagi penduduk setempat, kualitas hidup terganggu oleh adanya debu dan kebisingan serta oleh adanya konflik-konflik sosial.

(b). Setelah selesainya pembangunan proyek, rumput dan pe pohonan dita-nam kembali, dan jalan-jalan dipadatkan. Tetapi jelas bahwa lingkungan baru telah tercipta sebagai konsekwensi dari penggenangan lembah, diversi sungai, relokasi jalur lalulintas atau pelepasan secara rutin bahan polutan ke dalam udara dan air.

(c). Selama periode beberapa dekade, pembangunan proyek dapat menarik industri sekunder, dapat menyebabkan peningkatan populasi secara signifi-kan, dan dapat menim-bulkan berbagai kegiatan manusia yang tidak dapat diantisipasi sebelumnya. Setelah 50 tahun, pada saat struktur-struktur orisinil mungkin telah musnah, modifikasi lingkungan regional tampaknya jauh lebih penting daripada yang dibayangkan oleh pemrakarsa proyek.

Pada kenyataannya hasil-hasil dari beberapa usulan proyek legislaitf (misalnya rencana untuk melarang penjualan pestisida) tidak dapat dibagi- bagi menjadi babakan-babakan waktu diskrit seperti di atas. Strategi pengelolaan lingkungan yang akan melibatkan dampak jangka panjang jelas menantang proses-proses pengambilan keputusan secara tradisional. Basis-basis politis dan ekonomis dari suatu kegiatan dieva¬luasi terhadap pengaruh-pengaruh jangka pendek dan menengah dari pasar. Di sini analisis biaya-manfaat didasarkan pada suku-bunga yang berhubun¬gan dengan biaya investasi kapital saat sekarang, yang dimodifikasi untuk memperhitungkan ketidak-pastian dan resiko, sehingga skala waktu¬nya 10-15 tahun. Sistem ekonomi bertujuan untuk memaksimumkan manfaat jangka pendek; pertimbangan ekologi menunjukkan cara-cara untuk memini¬mumkan resiko jangka panjang.

Disamping skala-skala waktu yang dijelaskan di atas, ada beberapa skala ruang yang harus diperhatikan, yaitu

(a). Ruang sekitarnya, misalnya di dalam batas pagar pabrik, atau di dalam daerah yang dirancang untuk pengendalian pestisida.

(b). Wilayah; misalnya daerah muara dari bendungan besar atau cerobong yang tinggi.

c). Benua dan dunia.

0 komentar: On III. SKALA KEPENTINGAN DALAM PENDUGAAN DAMPAK LINGKUNGAN

Posting Komentar

Entri Populer

tempat iklan
Grab this Widget ~ Blogger Accessories
 
bottom