DEFINISI-DEFINISI

Sabtu, 03 Juli 2010
Lingkungan dan kualitas lingkungan telah didefinisikan, namun demikian hingga batas-batas tertentu kita perlu mendalaminya. Dalam uraian di atas ada istilah "pendugaan dampak lingkungan". Di sini kita akan mendefinisikan secara lebih tepat dalam rangka untuk melukiskan bagaimana istilah ini dan istilah-istilah lain yang terkait akan diguna¬kan

Dalam skema berikut, kegiatan manusia meliputi usulan-usulan legislatif, kebijakan, program, proyek dan prosedur-prosedur operasional. Efek Lingkungan didefinisikan sebagai suatu proses (seperti erosi tanah, dispersi polutan, penggusuran manusia) yang dapat dipacu oleh kegiatan manusia. Dampak Lingkungan merupakan perubahan neto (baik atau buruk) dalam hal kesehatan dan kesejahteraan manusia (termasuk kelestarian ekosistem dimana manusia hidup) yang dihasilkan dari efek lingkungan dan berhubungan dengan perbedaan antara kualitas lingkungan yang akan terjadi "dengan" dan "tanpa" kegiatan yang sama (Gambar 6.8). Indikator Dampak adalah suatu unsur atau parameter yang menyediakan suatu ukuran (paling tidak secara kualitatif) besarnya dampak lingkungan.

Sebagaimana yang telah dijelaskan, kita tidak akan membahas dampak pada skala kontinental dan global. Kita juga akan membatasi perhatian pada hal-hal berikut ini. Sebelum perencanaan yang komprehensif untuk pendugaan dampak lingkungan (Gambar 9) kita melalui serangkaian taha¬pan-tahapan yang semakin menyempit

Perencanaan komprehensif didefinisikan sebagai semua aktivitas yang terlibat dalam perencanaan regional dan nasional untuk masa depan.

Pendugaan Lingkungan (sinonim: analisis lingkungan) didefinisikan sebagai aktivitas perencanaan lingkungan yang berkenaan dengan pendugaan kualitas lingkungan dalam kondisi alamiah dan kondisi binaan. (Misalnya penentuan pola hujan di suatu negara, pencemaran air dalam suatu danau, dan lainnya)

0 komentar: On DEFINISI-DEFINISI

Posting Komentar

Entri Populer

tempat iklan
Grab this Widget ~ Blogger Accessories
 
bottom