KARAKTER ORANG BANYUMAS

Rabu, 27 April 2011
karakter umum masyarakat Banyumas tampak pada perilaku sehari-hari dalam berinteraksi sosial, karakter-karakter tokoh-tokoh lokal (baik legendaris maupun historis), tabu, dan pepatah-pepatah. Karakter-karakter tokoh, misalnya Kamandaka dalam teks Babad Pasir telah dipublikasikan (Priyadi, 2002b), sedangkan

tokoh lain sedang dipersiapkan publikasinya. Dengan demikian, hasil penelitian ini telah dibagi menjadi beberapa publikasi yang disesuaikan dengan misi suatu penerbitan jurnal. Sementara itu, penelitian yang merambah karakter yang bersifat khusus pada masyarakat berdasarkan wilayah geografisnya belum ditempuh secara mendalam pada penelitian ini.
Selanjutnya, tulisan ini memfokuskan pada karakter umum masyarakat Banyumas yang meliputi (1) mencari kejayaan dan keemasan, (2) suka memberontak, (3) sering konflik, (4) suka bekerja keras. Di samping itu, orang Banyumas memiliki karakteristik sebagai (a) masyarakat egaliter, (b) orang-orang bebas, (c) orang-orang vulgar, dan (d) budaya afirmatif dan budaya kritis.

baca pembahasannya disini

0 komentar: On KARAKTER ORANG BANYUMAS

Posting Komentar

Entri Populer

tempat iklan
Grab this Widget ~ Blogger Accessories
 
bottom