LANGKAH-LANGKAH SEBELUM BERINVESTASI

Rabu, 26 Januari 2011
1. Tetapkan berapa besar dana dan waktu yang anda miliki
Anda bisa memilih untuk menyimpan uang anda di bank dimana anda bisa mengakses uang anda kapan saja.
Berapa banyak uang yang anda simpan di bank dan berapa banyak uang yang akan anda investasikan?
2. Pahami tipe-tipe investasi
Jika anda tidak memiliki waktu atau informasi yang cukup tentang berinvestasi, anda harus benar-benar mempertimbangkan apakah perlu bagi anda untuk berinvestasi.
• Anda harus memahami pilihan-pilihan yang tersedia dan risiko yang terkandung didalamnya.
• Selama anda berinvestasi, anda harus memonitor performanya.
• Anda harus memutuskan kapan anda menjual investasi anda.
Peroleh informasi dari pihak yang menjual dan situs dari pihak yang menerbitkan instrumen investasi tersebut, juga dari situs regulator (Bapepam-LK) dan bursa efek.
Masyarakat sering membandingkan rate of return antara tabungan di bank, deposito berjangka, Reksa Dana serta obligasi dan mengandalkan informasi tersebut untuk membuat keputusan terkait dengan rencana investasi mereka. Tetapi, rate of return hanya sebagian kecil dari informasi yang anda butuhkan ketika anda memutuskan untuk berinvestasi.
Anda juga harus mempertimbangkan risiko bahwa suatu hari anda bisa kehilangan sebagian atau seluruh uang anda. Untuk produk apa saja, dalam situasi dan kondisi apa saja, anda bisa kehilangan uang anda? Dan kira-kira bagaimana situasi dan kondisi tersebut bisa terjadi?
Anda juga harus memahami total biaya yang harus anda keluarkan bila anda membeli instrumen investasi tersebut. Biaya bank berbeda cara penghitungannya dengan biaya jasa Manajer Investasi. Karena anda berinvestasi maka pihak lain (termasuk Manajer Investasi, broker-dealer dan pihak yang menjual produk tersebut) menerima keuntungan dari uang yang anda investasikan, umumnya berupa fee. Sebelum anda memutuskan untuk membeli suatu produk investasi anda harus tahu berapa banyak fee dan biaya lain yang harus anda bayarkan.
3. Pilihlah produk investasi yang cocok bagi anda
Berapa besar risiko yang siap anda tanggung? Bagaimana kemungkinan bahwa anda kehilangan seluruh uang anda akan mempengaruhi posisi keuangan anda? Anda perlu mendiskusikan tentang kesempatan dan risiko dengan pihak lain, termasuk keluarga yang akan dipengaruhi oleh keputusan investasi anda.
Beberapa tipe produk investasi sangat mudah untuk dipahami. Namun ada juga yang sulit untuk dimengerti. Hal itu disebabkan mereka memiliki struktur yang komplek dan memilki beberapa derivative (produk turunan). Sebelum anda memutuskan untuk berinvestasi, anda harus secara seksama memperhatikan dan memahami bagaimana cara kerja suatu produk investasi atau total biaya yang harus anda bayar untuk memiliki produk tersebut atau faktor-faktor yan
Ungkapan bijak dalam berinvestasi: Jika anda tidak memahami suatu produk investasi, jangan membeli produk tersebut. Berinvestasilah pada produk yang anda pahami.
4. Gunakan waktu untuk mempelajari pilihan investasi yang ada
Sekali anda memutuskan untuk berinvestasi di salah satu produk, dapatkan informasi yang cukup dan pelajarilah di rumah. Bandingkan produk investasi dari penerbit yang berbeda. Jangan terburu-buru mengamb
5. Atur bagaimana anda akan mengelola investasi anda
Susunlah rencana untuk memonitor performa dari investasi anda. Tentukan batasnya. Jika nilainya naik apakah anda akan langsung menjualnya untuk mendapatkan keuntungan? Lalu bagaimana sebaliknya?
Sebagian pihak mengatakan bahwa buy-and-hold-strategy adalah yang terbaik untuk jangka panjang. Setiap kali anda membeli dan menjual efek maka anda akan membayar biaya transaksi, yang kadang jumlahnya cukup signifikan. Usahakan untuk menghindari transaksi yang terlalu sering. Namun tentu saja bahwa buy-and-hold-strategy hanya berlaku jika produk investasi yang anda miliki mempunyai prospek bagus untuk jangka panjang. Anda juga harus memperhatikan pajak yang akan anda tanggung ketika anda menjual dan membeli produk investasi.

0 komentar: On LANGKAH-LANGKAH SEBELUM BERINVESTASI

Posting Komentar

Entri Populer

tempat iklan
Grab this Widget ~ Blogger Accessories
 
bottom