REKSA DANA

Selasa, 25 Januari 2011
Ditawarkan oleh manajer investasi melalui prospektus
• Bisa dibeli dari Manajer Investasi, Agen Penjual Efek Reksa Dana, dan Wakil Agen Penjual Efek Reksa Dana (WAPERD).
• Diatur oleh Bapepam-LK

Overview Produk
Investor menyetorkan uang kepada Manajer Investasi dan digunakan untuk membeli aset.
Keuntungan yang akan didistribusikan kepada investor tergantung pada kontribusi dana ke Reksa Dana dari masing-masing investor serta Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksa Dana yang bersangkutan.
Risiko kerugian dan tingkat pengembalian tergantung pada portofolio dari Reksa Dana tersebut.

Reksa Dana Terbuka
Nilai dari aset Reksa Dana akan berubah dari waktu ke waktu, tergantung dari keadaan pasar dan situasi ekonomi.
Jika NAB meningkat antara waktu subscription dan redemption, investor akan menerima keuntungan yang disebut capital gain. Sebaliknya, jika terjadi penurunan NAB maka investor akan menderita kerugian yang disebut capital loss.

Reksa Dana Tertutup
Untuk Reksa Dana Tertutup sahamnya tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek. Saham Reksa Dana ini, dapat dibeli atau dijual setiap hari di Bursa Efek. Jadi bila investor ingin membeli atau menjual sahamnya dia harus melakukan transaksi di Bursa Efek. Harga saham yang terbentuk merupakan harga pasar, yaitu bergantung kepada penawaran beli atau jual yang terjadi di Bursa Efek. Harga pasar bisa lebih tinggi atau rendah daripada NAB reksa dana.

Kontribusi Investor
Investor membayar biaya operasional, fee kepada Manajer Investasi, dan kepada pihak yang menjual unit penyertaan Reksa Dana tersebut kepada investor.
Yang Diterima Oleh Investor
Pembayaran dari pendapatan aset (share of income) bagi investor pada saat melakukan redemption.
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, saat menarik dananya dari Reksa Dana investor bisa menerima lebih tinggi atau lebih rendah dibandingkan pada saat menempatkan modal (capital gain atau capital loss), tergantung pada nilai pasar dari aset Reksa Dana pada saat penarikan.

KONTRIBUSI MANAJER INVESTASI
Informasi tentang produk investasi
Manajer Investasi memiliki keahlian dalam memilih aset yang berpotensi untuk memberikan keuntungan atau capital gain bagi investor.

KEUNTUNGAN REKSA DANA
• Biaya untuk membeli atau menjual unit penyertaan Reksa Dana bisa lebih rendah untuk transaksi dalam frekwensi yang sering.
• Aset yang besar, terlalu besar bagi investor individual untuk membeli, hanya dimungkinkan bagi Manajer Investasi untuk membeli.
Administrasi
• Menilai aset setiap hari dan mempublikasikan harga dari aset tersebut di koran pada keesokan harinya.
• Pengaturan subscriptions, redemptions dan distribution. Manajer Investasi bekerjasama dengan bank kustodian, yang juga berperan penting dalam pengadministrasian dana.
Yang Diterima Oleh Manajer Investasi
Sejumlah uang dari persentasi nilai aset dibayarkan kepada Manajer Investasi sebagai fee untuk mengelola Reksa Dana tersebut.

REKSA DANA-SAHAM
Manajer Investasi membeli saham yang tercatat di BEI. Manajer Investasi bisa membeli saham yang diperdagangkan (likuid) yang berasal dari perusahaan besar, atau yang jarang diperdagangkan (illikuid) yang berasal dari perusahaan kecil. Atau bisa saja Manajer Investasi membeli bermacam-macam tipe saham.
Manajer Investasi juga bisa membeli saham yang berasal dari bursa efek di indonesia atau yang tercatat di bursa efek luar negeri (namun ada beberapa kesulitan dalam membeli saham yang tercatat di luar negeri).

0 komentar: On REKSA DANA

Posting Komentar

Entri Populer

tempat iklan
Grab this Widget ~ Blogger Accessories
 
bottom