FAKTOR-FAKTOR YANG BERKONTRIBUSI TERHADAP KINERJA PAMONG BELAJAR UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR DI PROVINSI BALI

Kamis, 01 Desember 2011
Oleh : Dana, I Nyoman 
(Pembimbing : Prof. Dr. Gede Sedanayasa,M.Pd, Dr. I Made Yudana, M.Pd)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) besarnya kontribusi kesejahteraan pamong belajar terhadap kinerja pamong belajar UPTD Sanggar Kegiatan Belajar di Provinsi Bali, (2) besarnya kontribusi intrinsic terhadap kinerja pamong belajar UPTD Sanggar Kegiatan Belajar di Provinsi Bali, (3) besarnya kontribusi disiplin kerja pamong belajar dengan kinerja pamong belajar UPTD Sanggar Kegiatan Belajar di Provinsi Bali, dan (4) besarnya kontribusi secara bersama-sama antara kesejahteraan pamong belajar , motivasi intrinsik, dan disiplin kerja pamong belajar terhadap kinerja pamong belajar UPTD Sanggar Kegiatan Belajar di Provinsi Bali. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pamong belajar UPTD Sanggar Kegiatan Belajar di Provinsi Bali yang berjumlah 103 orang. Sesuai dengan tabel Krejcie dan Morgan, bila besarnya populasi 103 orang, maka sampel yang diambil 80 orang. Sampel diambil dengan teknik random sampling dengan undian. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner kesejahteraan pamong belajar, kuesioner motivasi intrinsic, dan kuesioner disiplin kerja pamong belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi, regresi dan analisis determinasi.
Hasil analisis dengan program SPSS 11.0 ditemukan bahwa : (1) kesejahteraan pamong belajar berkontribusi secara signifikan terhadap kinerja pamong belajar sebesar 19,70 %, (2) motivasi intrinsic pamong belajar sebesar 8,5 %, dan (4) secara bersama-sama kesejahteraan, motivasi intrinsic, dan disiplin kerja pamong belajar berkontribusi secara signifikan terhadap kinerja pamong belajar sebesar 48%. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa kesejahteraan, motivasi intrinsik, dan disiplin kerja pamong belajar berkontribusi secara signifikan terhadap kinerja pamong belajar UPTD Sanggar Kegiatan Belajar di Provinsi Bali secara terpisah maupun simultan. Dengan demikian ketiga variabel tersebut dapat dijadikan prediktor tingkat kecendrungan kinerja pamong belajar UPTD Sanggar Kegiatan Belajar di Provinsi Bali.

0 komentar: On FAKTOR-FAKTOR YANG BERKONTRIBUSI TERHADAP KINERJA PAMONG BELAJAR UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR DI PROVINSI BALI

Posting Komentar

Entri Populer

tempat iklan
Grab this Widget ~ Blogger Accessories
 
bottom