KONTRIBUSI INTELIGENSI, PERHATIAN ORANG TUA, KEBIASAAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA PROSES BELAJAR MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 DENPASAR (Studi Kasus pada Kelas Akselerasi di SMA Negeri 1 Denpasar)

Sabtu, 03 Desember 2011
Oleh: Tumbuh, I Made 
(Pembimbing : Prof. Dr. Gde Anggan Suhandana, Prof. Dr. Nyoman Dantes)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya : (1) kontribusi intelegensi terhadap prestasi belajar siswa kelas akselerasi di SMA Negeri 1 Denpasar, (2) kontribusi perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas akselerasi di SMA Negeri 1 Denpasar, (3) kontribusi kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas akselerasi di SMA Negeri 1 Denpasar, (4) kontribusi kemampuan guru dalam mengelola proses belajar mengajar terhadap prestasi belajar siswa kelas akselerasi di SMA Negeri 1 Denpasar dan (5) kontribusi secara bersama-samaintelegensi, perhatian orang tua, kebiasaan belajar, dan kemampuan guru mengelola proses belajar mengajar terhadap prestasi belajar siswa kelas akselerasi di SMA Negeri 1 Denpasar. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas akselerasi SMA negeri 1 Denpasar tahun 2005. Penelitian ini merupakan penelitian kasus den sensus dengan subyek penelitian sebanyak 17 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mengumpulkan data tentang prestasi belajar siswa, metode tes digunakan untuk mengukur inteligensi siswa dan kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data tentang perhatian orang tua dan kebiasaan belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi, regresi dan analisis determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara intelegensi dengan prestasi belajar siswa kelas akselerasi di SMA Negeri 1 Denpasar sebesar 55,20 % dengan sumbangan efektif sebesar 9,30 %, (2) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas akselerasi di SMA Negeri 1 Denpasar sebesar 50,20 % dengan sumbangan efektif sebesar 24,10 %, (3) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa akselerasi di SMA Negeri 1 Denpasar dengan kontribusi sebesar 64,10 % dan sumbangan efektif sebeasr 30,70 %, (4) terdapat kontribusi postif dan signifikan kemampuan guru dalam mengelola proses belajar mengajar terhadap prestasi belajar siswa kelas akselerasi di SMA Negeri 1 Denpasar dengan kontribusi sebesar 49,70 % dan sumbangan efektif sebesar 10,80 %, (5) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan secara bersama-sama intelegensi, perhatian orang tua, kebiasaan belajar dan kemampuan guru dalam mengelolaproses belajar mengajar terhadap prestasi belajar siswa kelas akselerasi di SMA Negeri 1 Denpasar 79,40 %. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan terdapat kontribusi yang positif dan signifikan inteligensi, perhatian orang tua, kebiasaan belajar, dan kemampuan guru dalam mengelola proses belajar mengajar terhadap prestasi belajar siswa kelas akselerasi di SMA Negeri 1 Denpasar baik secara terpisah maupun simultan. Dengan Demikian, keempat faktor tersebut dapat dijadikan prediktor tingkat kecendrungan prestasi belajar siswa akselerasi di SMA Negeri 1 Denpasar.

Entri Populer

tempat iklan
Grab this Widget ~ Blogger Accessories
 
bottom