HUBUNGAN ANTARA INTELIGENSI, KECERDASAN EMOSI, DAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN KREATIVITAS GURU SEKOLAH DASAR DI KOTA TABANAN

Minggu, 04 Desember 2011
Oleh: Suistana Adiputra, I Made (Pembimbing : Prof. Dr. I Gde Widja, Dr. Gde Sedanayasa, M.Pd)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hubungan antara intelegensi dengan kreativitas guru sekolah dasar di kota Tabanan, (2) hubungan antara kecerdasan emosi dengan kreativitas guru sekolah dasar di kota Tabanan, (3) hubungan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kreativiatas guru sekolah dasar di kota Tabanan, dan (4) hubungan secara bersama-sama antara intelegensi, kecerdasan emosi, dan gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kreativitas guru sekolah dasar di kota Tabanan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru sekolah dasardi kota Tabanan yang berjumlah 192 orang. Sesuai dengan table Krejcie dan Morgan banyaknya sampel diambil berjumlah 129 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling dengan undian. Penelitian ini menggunakan rancangan ex-post facto. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes intelegensi dan kuesioner dengan mengguanakan statistik parametrik berbentuk korelasi sederhana, korelasi ganda, regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara intelegensi dengan kreativitas guru sekolah dasar di kota Tabanan dengan kontribusi sebesar 16,80% dan sumbangan efektif sebesar 10,90 %, (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosi dengan kreativitas guru sekolah dasar di kota Tabanan dengan kontribusi sebesar 27,70 % dan sumbangan efektif sebesar 22,90 %, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kreativitas guru sekolah dasar di kota Tabanan dengan kontribusi sebesar 11% dan sumbangan efektif sebesar 6,80 %, dan (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara intelegensia, kecerdasan emosi, gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kreativitas guru sekolah dasar di kota Tabanan dengan kontribusi sebesar 40,60 %. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara intelegensi, kecerdasan emosi, dan gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kreativitas guru sekolah dasar di kota tabanan secara terpisah maupun simultan. Dengan demikian, ketiga faktor tersebut dapat dijadikan prediktor tingkat kecendrungan kreativitas guru sekolah dasar di Kota Tabanan.

0 komentar: On HUBUNGAN ANTARA INTELIGENSI, KECERDASAN EMOSI, DAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN KREATIVITAS GURU SEKOLAH DASAR DI KOTA TABANAN

Posting Komentar

Entri Populer

tempat iklan
Grab this Widget ~ Blogger Accessories
 
bottom