Studi tentang transportasi darat di Mamminasata, seperti tercantum pada Bab 9.3, telah menguraikan bahwa prioritas akan diberikan untuk pelebaran jalan tol Ir. Sutami dan jalan Perintis-Urip. Karena pelebaran jalan tol Ir. Sutami (dari 2 jalur menjadi 6 jalur) akan dimulai dengan skema BOT, maka studi pra-kelayakan dilakukan untuk pelebaran jalan Perintis-Urip yang membentuk jalur utama di Mamminasata yang memanjang
dari Maros hingga pusat kota Makassar. Jalan ini adalah jalan nasional dengan total panjang 15,5 km (Perintis Kemerdekaan 11,8 km dan Urip Sumoharjo of 3,7 km).
Sempadan jalan yang ada saat ini merentang antara 22m hingga 24m dengan empat jalur. Dengan perkiraan volume lalu lintas 682.000~733.000 pcu/hari, maka jalan Perintis-Urip saat ini dianggap sangat padat.
1) Dasar Pembenaran untuk Peningkatan
Meskipun ramalan permintaan lalu lintas untuk rencana tata ruang terpadu di Mamminasata telah mendukung prioritas pelebaran jalan Perintis-Urip, namun studi pra-kelayakan dimulai dengan analisis kebutuhan lalu lintas pada jalan ini setelah
perampungan pelebaran jalan tol Ir. Sutami. Analisis simulasi menunjukkan bahwa dalam kasus kondisi jaringan jalan tetap seperti saat ini, kebutuhan lalu lintas pada jalan tol Ir. Sutami akan meningkat tajam hingga tahun 2020 sedangkan lalu lintas sepanjang jalan Perintis-Urip akan mencapai titik maksimumnya pada sekitar tahun 2010 (1.114.000~1.219.000 pcu/hari dengan rasio volume-kapasitas lebih dari 2,0) dan kemudian secara bertahap menurun hingga tahun 2020 . Rinciannya dicantumkan pada Tabel 11.9.
Apabila pelebaran jalan Perintis-Urip tidak dilakukan, maka kebutuhan lalu lintas pada jalan tol Ir. Sutami akan menunjukkan VCR lebih besar dari2,0 yang menunjukkan kepadatan yang amat tinggi. Sebaliknya, bila jalan Perintis-Urip dilebarkan, maka rasio kemacetan lalu lintas (VCR) dapat dipertahankan antara 1,0 dan 1,5, dan volume lalu lintas akan tetap meningkat dan memberi kontribusi bagi keuntungan retribusi tol Ir. Sutami. Hal ini membuktikan bahwa pelebaran jalan Perintis-Urip tetap diperlukan meskipun setelah dilakukan pelebaran jalan tol Ir. Sutami telah dilaksanakan
Perkiraan biaya dan Jadual Konstruksi
Berdasarkan desain awal, biaya untuk pekerjaan peningkatan jalan Perintis-Urip diperkirakan senilai US$41,1 juta7 untuk biaya konstruksi langsung, dan sekitar US$61,2 juta8 untuk total konstruksi, termasuk biaya pembebasan lahan dan biaya relokasi utilitas umum, sebagaimana yang ditunjukkan pada Tabel 11.11.
0 komentar: On Proyek Pelebaran Jalan Perintis Kemerdekaan -Urip Sumoharjo
Posting Komentar