HUBUNGAN KEPUASAN KERJA GURU DAN MOTIVASI KERJA GURU PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA DI NEGARA.

Senin, 05 Desember 2011
Oleh: Astawa Yasa, I Putu ( Pembimbing : Prof. Dr. Gde Anggan Suhandana, Prof. Dr. Nengah bawa Atmadja, MA.) Tujuan Penelitian adalah untuk mengkaji hubungan antara kepuasan kerja guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini dilakukan pada sekolah menengah atas swasta di Negara. Teknik purposive Sampling digunakan untuk memperoleh88 orang guru sebagai anggota sampel. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan ex-post facto, dan data yang diperolehdianalisis dengan stastistik inferasial. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner Model Skala Likert yang dikalibrasikan dengan memakai uji validitas butir dan koefisien reliabilitas. Validitas butir dihitung dengan memakai koefisien Alpha Cronbach. Sedangkan uji persyaratan analisis untuk normalitas sebaran populasi memakai uji KOlmogorov-Smirnov, uji linearitas menggunakan uji F, dan uji multikolinearitas menggunakan model Reggresion Linear dari program SPSS 10.05 for Windows.
Hasil penelitian adalah : Pertama, ditemukan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepuasan kerja guru (X1) dengan kinerja guru (Y) yang dinyatakan dalam bentuk persanaan regresi Ŷ = 39,482 + 0,602 X1 dan koefisien korelasi r y1 = 0,602. Kedua, ditemukan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi kerja guru (X2) dengan nkinerja guru (Y) yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi Ŷ = 86,321 + 0,220 X2 dan koefisien korelasi r y2 =0,261. Ketiga, terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepuasan kerja guru (X1) dan motivasi kerja guru (X2) secara bersama-sama terhadap kinerja guru
(Y) yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi Ŷ = 31,874 + 0,576 X1 + 0,0623 X2 dan koefisien korelasi ganda r y 12 = 0.652. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa kepuasan kerja guru dan motivasi kerja guru dapat dipertahankan dan dibina terus-menerus oleh kepala sekolah/yayasan sekolah sehingga dapat meningkatkan kinerja guru.

0 komentar: On HUBUNGAN KEPUASAN KERJA GURU DAN MOTIVASI KERJA GURU PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA DI NEGARA.

Posting Komentar

Entri Populer

tempat iklan
Grab this Widget ~ Blogger Accessories
 
bottom